Program Studi Manajemen adalah sebuah program studi yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 504/010/KL/2015 tanggal 05 Juni 2008 seiring dengan terbentuknya Universitas Muhammadiyah Riau. Pada saat pendiriannya, Universitas Muhammadiyah Riau adalah Universitas Muhammadiyah ke-39 di Indonesia.
Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai pemilik Perguruan Tinggi Muhammadiyah membuat kebijakan dengan menambah satu kewajiban lagi yaitu penyelenggaraan Al-Islam Kemuhammadiyahan sehingga Program Studi Manajemen melaksanakan empat kewajiban yang dikenal dengan istilah Catur Dharma Perguruan Tinggi. Keempat tersebut adalah pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan.


Izin Penyelenggaraan Program Studi Manajemen dikeluarkan oleh atas nama Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang ditandatangani oleh Sekretaris Jendral melalui Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X pada 29 Agustus 2016 dengan Nomor SK Izin Operasional: 264/KPT/I/2016. Saat ini, Program Studi Manajemen memiliki empat bidang studi/konsentrasi yaitu Manajemen Keuangan (Finance Management), Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource Management), Manajemen Operasional (Operation Management), dan Manajemen Pemasaran (Marketing Management).


Konsentrasi Manajemen Keuangan (Finance Management) berorientasi pada pengelolaan keuangan organisasi dengan memanfaatkan sumber daya akuntansi, analisis keuangan, laporan keuangan, pengelolaan investasi, risiko keputusan keuangan, manajemen portofolio, dan beberapa hal lainnya. Fokus dari konsentrasi ini tetap menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman, etika dan sikap positif. Berbekal kemampuan tersebut maka lulusan Program Studi Manajemen dengan konsentrasi ini akan mampu berkarya sebagai manajer keuangan, penasihat keuangan perusahaan, analis laporan keuangan, manajer portofolio, manajer investasi, manajer risiko, dan bentuk profesi lainnya yang dapat dikembangkan oleh seorang lulusan terkait dengan ilmu yang dipelajari.
Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia berorientasi pada pengelolaan seluruh tenaga manusia pada suatu organisasi yang melibatkan aspek personalia, bimbingan konseling, pemberian penghargaan dan sanksi, perancangan pekerjaan, kode etik (code of conduct), pemutusan hubungan kerja, mempertahankan karyawan, promosi pekerjaan dan beberapa hal lainnya. Fokus dari konsentrasi ini tetap menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman, etika, dan sikap positif. Berbekal kemampuan tersebut maka lulusan Program Studi Manajemen dengan konsentrasi ini akan mampu berkarya sebagai manajer personalia, hukum dan kepatuhan, manajer perekrutan, dan bentuk profesi lainnya yang dapat dikembangkan oleh seorang lulusan terkait dengan ilmu yang dipelajari.
Konsentrasi Manajemen Operasional berorientasi pada pengelolaan sumber daya input, manajemen proses, hingga output dalam bentuk seleksi material, perancangan proses, penjadwalan, optimalisasi proses, rancang desain produk, tata letak, pemilihan lokasi, manajemen persediaan, dan beberapa hal lainnya. Fokus dari konsentrasi ini tetap menjunjung tinggi nilai ke-Islaman, etika, dan sikap positif. Berbekal kemampuan tersebut, lulusan Program Studi Manajemen dengan konsentrasi manajemen operasional diharapkan dapat berkarya pada bidang manajemen pabrik, manajemen rantai pasokan, manajemen lokasi, manajemen proses, dan manajemen produk baik pada perusahaan barang maupun jasa.

Konsentrasi Manajemen Pemasaran berorientasi pada pengelolaan pasar yang menjadi target bagi perusahaan seperti riset pasar, perancangan produk, penentuan harga, strategi lokasi, hingga perancangan promosi. Terdapat banyak ilmu dan alat analisis yang dapat digunakan oleh mahasiswa/i dalam memberikan analisa dan saran dari aspek pemasaran dengan riset kualitatif dan kuantitatif. Fokus dari konsentrasi ini tetap menjunjung tinggi nilai ke-Islaman, etika, dan sikap positif. Diharapkan dengan dibekalinya kemampuan tersebut, lulusan Program Studi Manajemen dengan konsentrasi pemasaran dapat berkarya pada bidang manajemen produk, manajemen regional pasar, manajemen riset, manajemen layanan, manajemen keluhan, manajemen komunitas, dan manajemen kerjasama.